Bukalapak Copot Layanan Produk Fisik, Fokus Pada Produk Virtual

Rohmat

Bukalapak secara resmi mengumumkan penghentian operasional platform marketplace miliknya yang dimulai pada hari ini, Selasa (7/1/2024).

Dalam pernyataan resmi yang dipublikasikan di blog mereka, penghentian layanan penjualan produk fisik di platform marketplace Bukalapak, yang mencakup barang-barang seperti elektronik, gadget, pakaian, dan lain-lain.

Ini merupakan bagian dari langkah transformasi perusahaan untuk lebih fokus pada penyediaan produk virtual, seperti pulsa prabayar, token listrik, dan sejenisnya.

“Kami ingin menginformasikan bahwa Bukalapak akan menjalani transformasi dalam upaya untuk meningkatkan fokus pada Produk Virtual. Sebagai bagian dari langkah strategis ini, kami akan menghentikan operasional penjualan Produk Fisik di Marketplace Bukalapak,” tulis Bukalapak di blog resminya.

Bukalapak menjelaskan bahwa pengguna tetap bisa melakukan pemesanan produk fisik di platform tersebut hingga Kamis, 9 Februari 2025, pukul 23.59 WIB.

Bukalapak juga memberikan informasi penting lainnya, yaitu mulai 1 Februari 2025, fitur untuk menambahkan produk baru akan dihentikan. Setelah tanggal tersebut, para pelapak tidak lagi dapat mengunggah produk baru ke platform.

Seluruh pesanan yang belum diproses hingga 2 Maret 2025, pukul 23:59 WIB, akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem. Pembeli akan menerima pengembalian dana dari pesanan yang dibatalkan tersebut melalui BukaDompet.

Selanjutnya, Bukalapak juga memberikan panduan bagi para penjual menjelang penutupan layanan marketplace ini. Melalui blog resminya, Bukalapak menyarankan langkah-langkah bagi pedagang untuk menarik saldo, mengajukan pengembalian dana, serta mengunduh data transaksi dan riwayat penjualan mereka.

“Kami sepenuhnya memahami bahwa perubahan ini akan berdampak pada usaha Pelapak, dan kami berkomitmen untuk membuat proses transisi ini berjalan sebaik mungkin,” tulis Bukalapak.

Akhirnya, Bukalapak menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan serta kerja sama yang diberikan oleh para pelapak sejak platform ini didirikan pada tahun 2010.

“Terima kasih atas dukungan, kerja sama dan kepercayaan Pelapak selama ini!” tulis Bukalapak.

Also Read

Tags

Leave a Comment